Pages

Jumat, 14 September 2012

Yang unik dan menarik dari JFC ( Jember Fashion Carnaval )







Untuk kali pertama, penyelenggara Jember Fashion Carnaval (JFC) melibatkan artis. Penyanyi Ashanty memeragakan busana pada pembukaan JFC 2012, sedangkan suaminya, vokalis, pencipta lagu, dan produser musik Anang Hermansyah tampil pada penutupannya."Anang kan orang kelahiran Jember. Lha, Ashanty kemarin (6/7/2012) juga baru saja diresmikan menjadi warga Jember pada acara ngunduh mantu," tutur Dynand Fariz, orang pertama di balik keberhasilan JFC.


Di usianya yang kesebelas ini, JFC semakin matang dalam menyelenggarakan karnaval. You know what?! Jember menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki karnaval berstandar internasional. Selain itu, karena keeksistensian, kehebohan dan kreatifitasnya menjadikan Dynand Fariz, sang Presiden JFC salah seorang yang akan menentukan standar penyelenggaraan karnaval di Indonesia. Weeww… Benar-benar suatu perstasi yang layak dibanggakan! Belum cukup disitu, seorang Dynand Fariz juga menjadi konsultan penyelenggaraan Jakarta Fashion and Food Festival, Solo Batik Carnival dan juga Banyuwangi Ethno Carnival. Tidak bisa dipungkiri memang, SBC dan BEC lahir karena JFC. Lihatlah konsep kostum yang mereka kenakan, sangat-sangat JFC… Berbanggalah kita yang terlahir di Jember karena kota suwar-suwir ini mempunyai sebuah event yang super duper keren dan mampu menjadi percontohan bagi daerah lainnya, bahkan Jakarta sekalipun!

Jember Fashion Carnaval ini juga mempunyai tujuan mulia, tidak hanya ingin menyuguhkan tampilan menarik dan pelaksanaan yang semakin terkoordinasi rapi, namun juga ingin memacu tumbuhnya industri kreatif di Jember tercinta ini. Selain itu, mereka semua terpacu untuk membuat Jember mampu menggantikan posisi Jakarta sebagai pusat kota mode dan karnaval di Indonesia!! Sebuah cita-cita yang hanya menunggu sedikit waktu untuk terwujud menurut saya pribadi. Tidak ada hal yang tidak mungkin, semuanya berawal dari mimpi dan tindakan nyata… Contoh riil nih ya, kini di Jember sudah dibangun jaringan Hotel Aston dan tahun depan juga akan dibangun Hotel Aryaduta!! Gilak! Semuanya menyatakan bahwa mereka berani melebarkan jaringannya sampai ke Jember hanya gara-gara Jember punya JFC…!

So, apa yang bakal disuguhkan dalam gelaran JFC XI kali ini?! JFC 2012 mengambil tema “EXTREMAGINATION”, yang dapat diartikan sebagai “imaginasi tanpa batas”. Di dalamnya akan ada 10 defile yang mewakili beragam keunikan. Sebut saja : 1. Rome Empire yang akan menghadirkan kegagahan para pejuang dan wanita era Romawi yang anggun, 2. Madurese, sebuah konsep yang dihadirkan untuk menjawab keraguan banyak orang akan kecintaan JFC terhadap tradisi dan budaya Jember, 3. Oceanarium, berisi berbagai macam binatang laut, 4. Persians, yang siap menghadirkan aura Timur Tengah dengan kostum merah menyala, 5. Orchidaceae, berawal dari ide untuk memvisualisasikan salah satu tanaman langka di dunia (angrek is in the house!), 6. Savana, di dalamnya akan ada banyak hewan-hewan buas, beware! 7. Mushroom, menghadirkan “keimutan” berbagai macam jejamuran, 8. Dragon, dihadirkan mengingat tahun ini adalah tahun naga dalam kalender China (psstt… bocoran, akan ada Liang Liong sepanjang 100 meter di dalam defile!), 9. Trinidad and Tobago, mungkin ini salah satu defile terseru, dengan kostum heboh berwarna-warni, setiap peserta akan menggoyangkan pinggulnya dan menebarkan senyum di sepanjang runaway, yang terakhir 10. Planet Heredity, imajinasi akan adanya kehidupan “gawul” di planet lain selain bumi, mereka akan menghadirkan lampu-lampu disko dan sebagainya…


Sumber : www.jemberfashioncarnaval.com

Sudah kebayang dengan keseruannya?! Tambahan info lagi nih, biar semakin mupeng untuk hadir nonton secara langsung. JFC XI ini akan diikuti kurang lebih 600-an peserta, 2800-an tamu VVIP, 200-an media dari seluruh dunia, serta 962 fotografer terdaftar. Benar-benar angka yang fantastis yak sodara-sodara?! Tamu-tamu VVIP, selain penonton yang membeli tiket dan keluarga peserta, perwakilan dari propinsi dan kota-kota lain juga dipastikan hadir, termasuk Dispar DKI Jakarta, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, juara L-Men 2012, bahkan Anang dan Ashanti juga akan hadir untuk menyumbangkan suaranya.

Yang menarik lainnya, seperti tahun kemarin, perhelatan kali ini juga akan menampilkan JFC Kids dimana sebanyak 50 anak berusia antara 6-7 tahun berlenggak-lenggok mengenakan kostum ala JFC. Kebayang gimana unyunya mereka?! Hehehe…


Sumber : www.jemberfashioncarnaval.com

Nah, untuk rek-arek Jember, jadilah tuan rumah yang baik dalam menyambut setiap tamu yang hadir di kota kebanggaan kita ini. Dan untuk semua pihak yang akan menonton secara langsung, hargailah setiap kreasi peserta. Mereka mendesain, membiayai dan menjahit kostum dengan usaha serta dana pribadi yang tidak sedikit. Biarkan mereka berjalan di sepanjang runaway dengan rasa penuh kebanggaan. Jangan merusak kostum dan menghalangi mereka berjalan agar semuanya terpuaskan… Betul?! #ala Kiwil. JFC adalah milik kita bersama, maka dari itu sudah selayaknya kita mendukung segala upaya yang dapat membuat JFC dan Jember semakin terlihat “WAH” di mata dunia luar.

Sebagai berita pamungkas, denger-denger liputan media di JFC XI kali ini menjadi liputan fashion runaway terpanjang di dunia!! Another “WOW” thing from Jember. Daaaannnn, kabar yang langsung keluar dari mulut Mas Fariz dan membuat saya melongo beberapa detik adalaaahhh tahun depan JFC bakal dihelat sepanjang 3 hari dan disiarkan langsung ke seluruh penjuru dunia!! WOOOWWW!!! Jember yang dulunya kota kecil, tidak dilirik oleh orang luar, kini mulai menjadi pusat perhatian dunia…

Nah, ngiler dan penasaran bagaimana showtime mereka?! Persiapkan dirimu larut di dalam kehebohan karnaval terbesar keempat di dunia ini (setelah Mardi Grass di New Orleans US, carnaval jalanan di Rio de Janeiro dan Fastnatch di Koln Jerman) pada tanggal 8 Juli 2012!

0 komentar:

Posting Komentar